Wednesday, June 17, 2009

Vote Komodo for New 7 Wonders

Buya A.A. Aru Bone

Rakyat Merdeka online
Jumat, 12 Juni 2009, 22:07:07 WIB

Dalam kurun 2009-2011, lembaga nirlaba internasional yang fokus pada pematenan keajaiban dunia, The Seven Wonders Foundation, kembali menggelar poling Tujuh Keajaiban Dunia yang mengangkat tema keajaiban alam. Terdapat tujuh grup, yakni grup A (Pemandangan) , B (Pulau), C (Gunung Merapi), D (Lembah), E (Taman Nasional), F (Danau dan Air Terjun), dan G (Seascapes).

Indonesia kita yang kaya akan keindahan dan keunikan alamnya, menempatkan Taman Nasional Gunung Krakatau, Taman Nasional Danau Toba dan Taman Nasional Komodo. Tapi Danau Toba dan Krakatau rontok di babak awal.

Kini, hanya Taman Nasional Komodo yang mampu bertahan dan bersaing ketat dengan sejumlah objek keajaiban alam lain, diantaranya, Puerta Princesa (Filipina), Soundarbans Forest (Banglades), Amazon (Brasil), Christmas Island (Australia) dan Tree if Life (Bahrain).

Pada tahun 2007, dalam poling serupa Indonesia menempatkan Borobudur sebagai kandidat keajaiban dunia. Tapi candi legendaris itu gagal dipatenkan sebagai salah satu keajaiban dunia karena kurangnya partisipasi masyarakat memberi suara.

Sejumlah pihak optimis Taman Nasional Komodo mampu terpilih sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Optimisme itu bukan hanya karena Sang Naga adalah satu-satunya hewan prasejarah yang hidup di kolong bumi, tapi juga karena keindahan panorama laut dan darat kawasan Taman Nasional Komodo yang kaya spesies, indah dan eksotik.

Namun, optimisme itu akan berakhir hampa jika partisipasi publik Indonesia untuk memilih Komodo kalah saing dengan partisipasi publik negara-negara lain yang memilih objek-objek keajaiban dunia lain. Karena itu, partisipasi berbagai lapisan masyarakat untuk memberikan dukungan maksimal terhadap Taman Nasional Komodo yang terletak di wilayah Kabupaten Manggarai Barat di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, adalah penentu lolos tidaknya objek wisata kebanggaan bangsa itu menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Menyambut langkah Departemen Kebudayaan dan Pariwisata yang kini menggelar roadshow ke beberapa kota mengkampanyekan agar publik berpartisipasi menyalurkan suara memilih Taman Nasional Komodo, maka sepatutnya kita menyambut kampanye itu dengan meluangkan waktu sejenak untuk menyalurkan suara memilih Taman Nasional Komodo menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Berikan suara anda untuk Taman Nasional Komodo dengan mengakses langsung di situs web www.new7wonders. com. Tentu sebagai warga bangsa, kita semua tak ingin Zamrut Khatulistiwa ini gagal menempatkan salah satu objek wisata alamnya dalam daftar New7wonders. Karena keberhasilan menempatkan Taman Nasional Komodo masuk dalam New7wonders adalah langkah stategis untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke mancanegara. Suara anda sangat berarti.

2 comments:

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

jangan lupa copy paste banner vote komodo di sini :)
http://menteridesainindonesia.blogspot.com/2009/06/pulau-komodo-dan-taman-nasional-komodo.html

Wahyu Handoko said...

Putaran final vote 7 wonders telah dibuka kembali, dan pulau KOMODO masuk finalis, kini saatnya kita ikut vote kembali mulai 21 Juli 2009

Saya dan Anda semua ikut bantu untuk support Pulau Komodo sebagai 7 Wonders of Nature. Semoga dengan semangat kita bersama, kita bisa menjunjung tinggi kekayaan alam Indonesia.

Berikut saya minta tambahkan link yang saya kira cukup membantu rekan2 dimanapun untuk vote, karena setahu saya teman-teman di facebook ada yang hanya menjadi fans suatu group tetapi tidak melakukan vote karena ketidaktahuan mereka.

Link yang saya maksud untuk ditambahkan adalah:
01. http://www.facebook.com/notes.php?id=792162939
02. http://wahyuhandoko.blogspot.com/2009/07/vote-final-komodo.html

Mungkin untuk pengguna facebook ada baiknya memakai cara 01 karena mudah dan bisa di-share ke friends yang lain.


Terima kasih,
Wahyu Handoko